peranan sistem informasi akuntansi


             Peranan Sistem Informasi Akuntansi
Organisasi perusahaan yang besar merupakan suatu hal yang kompleks, perusahaan mempekerjakan puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang dengan berbagai macam tugas. Hal ini mengakibatkan banyak sekali pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan. Perusahaan harus mampu untuk merencanakan, menkoordinasikan, dan mengendalikan seluruh aktivitasnya secara baik.
La Midjan (2006:7) mengartikan sistem informasi akuntansi sebagai berikut:
“Sistem informasi akuntansi memainkan peranan penting untuk menghasilkan informasi akuntansi keuangan bagi kepentingan pihak eksternal perusahaan, yaitu para pemegang saham, supplier, investor, bank, fiskus dan pegawai. Informasi akuntansi keuangan oleh pihak tersebut akan digunakan untuk pegangan menilai kewajaran usaha perusahaan. Peranan lainnya sistem informasi akuntansi, yaitu untuk menghasilkan informasi akuntansi manajemen bagi pihak internal, yaitu berbagai tingkat pimpinan perusahaan untuk pegangan menilai efesiensi dan efektivitas perusahaan yang dikelolanya”. 
Jadi dapat disimpulkan bahwa peranan sistem informasi akuntansi adalah untuk memberikan gambaran kepada pihak ekstern dan intern mengenai informasi keuangan perusahaan serta seluruh aktivitas perusahaan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.
0 Responses