Unsur-unsur
Sistem Informasi Akuntansi
Menurut Mulyadi (2001:4-5),
bahwa Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari :
“1. Formulir
2. Jurnal
3. Buku Besar
4. Buku Pembantu
5. Laporan”.
Adapun penjelasan dari
kelima unsur di atas adalah sebagai berikut :
·
Formulir
Formulir merupakan dokumen yang digunakan untuk
merekam terjadinya transaksi, sehingga data yang bersangkutan dengan transaksi
direkam pertama kalinya sebagai dasar pencatatan dalam catatan.
·
Jurnal
Jurnal merupakan catatan akuntansi pertama yang
digunakan untuk mencatat, mengklasifikasikan, dan meringkas data keuangan dan
data lainnya yang sesuai dengan informasi yang akan disajikan dalam laporan
keuangan.
·
Buku Besar
Buku besar (general
ledger) terdiri dari akun-akun yang digunakan untuk meringkas data keuangan
yang telah dicatat sebelumnya dalam jurnal. Akun-akun dalam buku besar ini
disediakan sesuai dengan unsur-unsur informasi yang akan disajikan dalam
laporan keuangan.
·
Buku Pembantu
Jika data keuangan yang digolongkan dalam buku besar
diperlukan rinciannya lebih lanjut, dapat dibentuk buku pembantu (subsidiary ledger) . Buku pembantu ini
terdiri dari akun-akun pembantu yang merinci yang merinci data keuangan yang
tercantum dalam akun tertentu dalam buku besar. Buku besar dan buku pembantu
disebut sebagai catatan akuntansi terakhir karena setelah data akuntansi
keuangan dicatat dalam buku-buku tersebut, proses akuntansi selanjutnya adalah
penyajian laporan keuangan, bukan pencatatan lagi ke dalam catatan akuntansi.
·
Laporan
Hasil akhir proses akuntansi adalah laporan keuangan
yang dapat berupa neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan laba yang
ditahan, laporan harga pokok produksi, laporan biaya pemasaran, laporan harga
pokok penjualan, daftar umur piutang, daftar utang yang akan dibayar, daftar
saldo persediaan yang lambat penjualannya.
Unsur-unsur sistem
informasi akuntansi menurut Romney dan Steinbart (2005:3) yaitu :
“1. Orang-orang
yang mengoperasikan sistem tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi.
2.
Prosedur-prosedur, baik
manual maupun yang terotomatisasi,yang dilibatkan dalam mengumpulkan,
memproses, dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi..
3.
Data tentang
proses-proses bisnis organisasi.
4.
Software yang dipakai untuk memproses data organisasi.
5.
Infrastruktur teknologi
informasi, termasuk komputer, peralatan
pendukung (peripheral device), dan
peralatan untuk komunikasi jaringan”.